Night Market Jakarta Tampung 600 PKL

JAKARTA, Detak Berita - Upaya penataan pedagang kaki lima (PKL) terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Selain merelokasi PKL ke dalam pasar, rencananya juga akan dibuatkan night market atau pasar malam bagi PKL di Jakarta. Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung di sepanjang Jl Medan Merdeka Selatan dan diikuti sekitar 500-600 pedagang.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap PKL yang akan bergabung dalam kegiatan ini. Pihaknya memprediksi, kegiatan pasar malam ini bisa diwujudkan tiga bulan ke depan.

Sama seperti di Solo, kegiatan ini rencananya juga akan dilangsungkan setiap Sabtu malam. Untuk memperlancar kegiatan ini, Jl Medan Merdeka Selatan akan steril dari pedagang. “Nanti night market diadakan di Jl Medan Merdeka Selatan. Ada semi outdoor, jadi Monas-nya harus kelihatan,” ujar Jokowi di Balaikota, Rabu (24/7).

Dikatakan Jokowi, pihaknya akan memprioritaskan PKL yang memiliki KTP DKI serta khususnya bagi PKL penjual makanan kuliner khas Betawi serta produk usaha kecil menengah (UKM). “Akan diseleksi, kurang lebih untuk 500-600 PKL. Tapi akan dipilih apa saja yang akan masuk, misal kuliner gabus pucung, karedok, ketupat sayur atau ketoprak. Selain kuliner, ada untuk produk kreatif juga,” katanya.

Nantinya, kata Jokowi, kegiatan ini akan berlangsung mulai pukul 17.00 sampai pukul 23.00. Ditegaskan Jokowi, kegiatan ini murni diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta dan tidak melibatkan swasta. Namun, jika ada perusahaan swasta yang ingin memberikan dana CSR, Jokowi mempersilahkannya.

PKL yang akan bergabung dalam kegiatan ini akan dikenakan biaya sewa sebesar Rp 50 ribu untuk tenda, Rp 30 ribu untuk pedagang kuliner, dan Rp 15 ribu untuk pedagang tanpa tenda.

Mantan Walikota Surakarta ini ingin pasar malam yang diselenggarakan di Jakarta bisa menyamai pasar malam yang ada di Moskow, Singapura, atau Taiwan. Adapun anggaran yang disediakan mencapai Rp 760 juta. “Untuk awal, malam Minggu dulu. Kalau ini berhasil nanti ditambah malam Sabtu penyelenggaraannya. Kalau ini bagus akan kita pertahankan,” katanya.

Ditambahkan Jokowi, dengan sering digelarnya kegiatan seperti pasar malam, diharapkan suasana kota tidak akan kering, terlebih kegiatan ini akan dikemas dengan hiburan yang menarik serta memasukkan unsur budaya.

DB

Share this article

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Copyright © 2014 Detak Berita. All rights reserved.
Maintained by Avife